Kabupaten Tangerang, 29 September 2025 [KabarUKM]
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Fajarini Puntodewi terus mengajak para pelaku usaha Indonesia untuk ikut serta dalam pameran dagang internasional terbesar se-Indonesia, yaitu Trade Expo Indonesia (TEI) 2025.
Pada pelaksanaannya yang ke-40, TEI 2025 akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten pada 15–19 Oktober 2025.
TEI 2025: Ajang Ekspor untuk Semua Pelaku Usaha
Hal tersebut disampaikan Puntodewi dalam Konferensi Pers Pelaksanaan TEI 2025 di ICE BSD City, Senin (29/9). Turut hadir dalam konferensi pers, yaitu Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Denny Abdi, Government Business Head PT Bank Mandiri (Persero) Heru Rizky Jiwayani, dan Direktur PT Debindo Multi Adhiwasti Vibiadhi Swasti Pradana.
“Dengan ribuan peserta dan buyer yang terus meningkat setiap harinya, TEI 2025 membuka peluang produk Indonesia untuk menemukan peminatnya di pasar global. Strategi ini merupakan komitmen nyata bahwa ekspor tidak hanya untuk pelaku usaha besar, tetapi juga untuk pelaku usaha di desa dan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM),” kata Puntodewi.
Tema TEI 2025: Discover Indonesia’s Excellence: Trade Beyond Boundaries
Hingga 29 September 2025, tercatat 1.015 peserta pameran dan 6.847 buyer dari 106 negara siap meramaikan gelaran TEI 2025.
Menurut Puntodewi, TEI tahun ini menargetkan capaian transaksi USD 16,5 miliar dengan target 1.500 peserta pameran dan 30.000 pengunjung.
“Buyer yang mendaftar telah melampaui target dan setiap harinya masih terus bertambah. Kami menyambut para pelaku usaha Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang unjuk diri memamerkan produk-produk terbaiknya,” ujar Puntodewi.
Pameran Tanpa Dana APBN dan Lebih Interaktif
Tahun ini, TEI kembali terlaksana secara luring tanpa menggunakan dana APBN. Selain melihat produk secara langsung, buyer dapat mencoba serta merasakan keunggulan barang dan jasa dari pelaku usaha lokal.
Puntodewi berharap, pengalaman tatap muka ini dapat membantu menunjukkan daya tarik produk kepada buyer mancanegara.
Zona Pameran dan Inovasi Baru di TEI 2025
TEI 2025 menghadirkan sejumlah terobosan baru untuk mendorong peningkatan ekspor Indonesia.
Untuk pertama kalinya, TEI memberikan ruang khusus kepada:
- Pelaku usaha desa melalui stan Desa Orientasi Ekspor
- UMKM melalui Paviliun UMKM Berani Inovasi, Siap Adaptasi (BISA) Ekspor)
Kebaruan lain adalah pra-business matching, di mana proses penjajakan bisnis dilakukan sebelum pameran berlangsung untuk menciptakan peluang transaksi yang lebih besar.
Zona Produk TEI 2025:
- Zona Makanan, Minuman, Produk Pertanian, Lisensi, dan Waralaba
- Zona Manufaktur dan Jasa
- Zona Fesyen, Gaya Hidup, dan Dekorasi Rumah
Forum Bisnis dan Kegiatan Pendukung
Selain pameran, TEI 2025 juga akan mengadakan berbagai forum bisnis, seperti:
- Seminar
- Talk show
- Workshop
- Business matching
- Business counselling
- Courtesy call
- Penandatanganan MoU dagang
Pada gelaran sebelumnya, TEI 2024 menghadirkan 1.460 peserta pameran dan 41.488 pengunjung, serta mencatatkan transaksi USD 22,73 miliar dari 8.042 buyer dari 140 negara.
Dukungan Kementerian Luar Negeri dan Bank Mandiri
Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Denny Abdi menegaskan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan TEI 2025.
Kementerian Luar Negeri telah mempromosikan TEI lewat 132 perwakilan RI di luar negeri. Menurutnya, TEI menciptakan multiplier effect bagi perekonomian nasional.
“TEI bukan hanya ajang jual beli, melainkan juga kesempatan untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia. Dari transaksi dagang, peluang investasi, hingga promosi pariwisata dapat dimulai di TEI 2025,” ujar Denny.
Dukungan Perbankan: Kopra by Mandiri
Government Business Head PT Bank Mandiri (Persero) Heru Rizky Jiwayani menyatakan, Bank Mandiri mendukung pertumbuhan perdagangan internasional Indonesia melalui fasilitas perbankan yang memudahkan transaksi ekspor-impor.
Melalui Kopra by Mandiri dan Kopra Beyond Border, pelaku usaha dapat mengakses layanan trade finance secara real time. Bank Mandiri juga menjalankan sejumlah program pendampingan ekspor dan UMKM.
“Sebagai official bank partner, Bank Mandiri menghadirkan layanan Kopra by Mandiri dan Kopra Beyond Border untuk memudahkan transaksi perdagangan internasional yang cepat, aman, dan efisien,” ujar Heru.
Dukungan Penyelenggara dan Penghargaan TEI 2025
Menurut Vibiadhi Swasti Pradana dari Debindo Multi Adhiwasti, produk-produk terbaik Indonesia tahun ini akan dipamerkan di tujuh hall di ICE BSD.
Gelaran TEI 2025 juga didukung oleh 116 media partner dan kerja sama dengan lebih dari 30 hotel bagi buyer internasional.
Sebagai bentuk apresiasi, TEI 2025 akan memberikan:
- Media Award untuk media yang aktif menyebarkan informasi TEI
- Loyal Exhibitor Award bagi peserta yang rutin berpartisipasi
Kolaborasi Strategis
Pelaksanaan TEI 2025 didukung oleh Bank Mandiri, Pertamina, dan Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit, serta sejumlah asosiasi seperti KADIN, LPEI, dan APINDO.
Harapannya, TEI 2025 dapat semakin memperkuat posisi Indonesia di pasar global melalui promosi ekspor dan sinergi lintas sektor.