GALLINACEOUS INDONESIA adalah rumah produksi yang memproduksi tas, batik, hijab, sajadah dan souvenir yang berlokasi di Sylva Randusari No 8, Desa Sinarsari, Kecamatan Dramaga, Bogor, Jawa Barat – 16680. GALLINACEOUS INDONESIA didirikan pada tanggal 26 Februari 2017 oleh Maria Ulfah (43 tahun).

Maria Ulfah / Founder & CEO Gallinaceous Indonesia

Merek (brand) yang diproduksi oleh GALLINACEOUS INDONESIA ada 2, yaitu:
- GALLINACEOUS
- GALLINACEOUS berasal dari bahasa Latin yang berarti segala sesuatu yang menyerupai ayam dan burung sehingga semua produk dengan merek GALLINACEOUS mengambil tema burung dan unggas asli Indonesia serta alam sebagai habitat burung dan ayam.
- Merek GALLINACEOUS dicirikan dengan logo yang berupa sketsa sepasang ayam hutan hijau (Sertifikat Merek dan Logo No. IDM000762578, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia)


- COPSYCHUS
- COPSYCHUS merupakan nama Latin dari burung murai batu sehingga merek COPSYCHUS dicirikan dengan logo yang berupa sketsa seekor burung murai batu (sedang dalam pengajuan izin HAKI nama brand dan logo).
VISI
Menggapai masa depan yang lebih bersinar dengan gaya fashion baru (brighten future with new fashion styles)
MISI

- Memberdayakan potensi masyarakat dan sumberdaya lokal untuk berkarya produktif
- Mengoptimalkan rasa cinta dan bangga terhadap produk lokal untuk membangun gaya fashion baru
- Mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konservasi burung, unggas dan alam Indonesia untuk masa depan
INOVASI PENGEMBANGAN PRODUK GALLINACEOUS
GALLINACEOUS | COPSYCHUS | ||
2017 | + Tas & Souvenir | ||
2018 | + Batik | ||
2019 | + Hijab & Scarves | ||
2020 | + Brooch | 2020 | + Tas & Souvenir |
+ Sajadah |
- Model (seri) produk didisain sendiri berdasarkan karakter burung dan unggas asli Indonesia, serta alam Indonesia.
- Setiap disain produk mempunyai filosofi yang detail untuk mengenalkan keragaman burung, unggas dan alam Indonesia dan juga untuk memberikan motivasi untuk masyarakat tentang pentingnya konservasi keanekaragaman hayati.
- Pengembangan disain produk disesuaikan dengan kebutuhan dan trend di pasaran, baik produk untuk tujuan fashion, souvenir untuk pernikahan, promosi perusahaan, seminar, pelatihan dan produk promosi lainnya.
- Jaminan keaslian kulit hewan untuk bahan tas dan souvenir dibuktikan dengan hasil uji keaslian kulit dari Laboratorium Halal LPPOM MUI.
- Pengembangan teknologi pewarnaan dan penggunaan tinta Oeco-Tex (tidak mengandung bahan berbahaya bagi manusia dan lingkungan) untuk produk batik, hijab dan sajadah.
- Platform marketing: off store, e-commerce (official website, Instagram, Facebook, TokoTalk, Shopee, Blibli) dan reseller.
- Di masa pandemi Covid-19, mulai bulan November 2020, GALLINACEOUS INDONESIA mengembangkan merek “COPSYCHUS” untuk memproduksi produk yang murah (≤ Rp. 100.000) namun tetap berkualitas bagus sebagai wujud adaptasi GALLINACEOUS INDONESIA terhadap kondisi daya beli masyarakat yang cenderung menurun
- Mengajak masyarakat untuk berperan aktif secara langsung dalam mendukung konservasi flora dan fauna Indonesia dengan cara sebagian keuntungan dari penjualan produk (Rp. 5000/transaksi) didonasikan untuk mendukung program/kegiatan konservasi flora dan fauna Indonesia (kerjasama dengan penangkar, breeder dan lembaga konservasi di Indonesia)
PT. Ram Gallinaceous Indonesia / kabarUKM
